Dahsyatnya Puthu dan Klepon Malam



Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.
Sedangkan kue putu (dari bahasa Jawa, puthu) adalah jenis makanan khas Indonesia berupa kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa yang berasal dari India, dibungkus oleh tepung beras yang dikukus. Kue ini biasanya dikukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu dan dijual pada malam hari. Suara khas uap yang keluar dari alat pengukus ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan.
Kue putu umumnya berwarna hijau dan putih, namun saya lebih suka yang warna hijau seperti gambar diatas yang saya jepret di meja ruang tamu.
Di Jakarta, umumnya dua kue ini seolah menjadi satu paket makanan yang sering dijajakan malam hari dengan keliling dari rumah ke rumah baik jalan kaki maupun mengendarai sepeda onthel.

No comments:

Post a Comment